Sabtu, 30 Agustus 2014

Karomah Guru Besar KH. SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN MADURA

Assalmu'alaikum wr.wb. Kali ini Saya Akan membahas tentang beberapa Karomah Ulama sekaligus guru besar dari Pulau madura, Tepatnya Kota Bangkalan. siapakah beliau?. . . . .ya beliau adalah KH. SYAIKHONA KHOLIL. kiyai yang Berperang penting terhadap berdirinya Nahdlatul Ulama (NU).




dscf1049_180x2401

KH. SYAIKHONA KHOLIL  pernah Menimba ilmu di negeri Mekkah selama belasan tahun. Beliau juga seangkatan dengan KH. Hasyim Asyari. selevel dibawahnya ada KH Wahhab Chasbulloh dan juga KH. Muhammad Dahlan.Walaupun mereka berempat sama-sama seorang Ulama besar, tapi mereka tidak sungkan untuk saling berbagi ilmu pengetahuan, sehingga satu sama lain memanggil Tuan Guru.

Hingga saat ini walaupun beliau sudah meninggal, masih banyak Ulama yang mengaku pernah belajar dengan beliau secara gaib. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk belajar secara gaib dengan ulama tersohor ini, diantaranya seperti berziarah ke makam serta bermalam di makam beliau. pernah dikisahkan KH. Anwar Siradj, pengasuh PP Nurul Dholam Bangil Pasuruan. yang mengalami kesulitan ketika membaca kitab Alfiyah. padahal kitab ini adalah kunci untuk mempelajari kitab-kitab yang lain.

Kiyai anwar banyak belajar kitab alfiyah ke banyak kiyai-kiyai besar namun hasilnya nihil. Suatu ketika, Kiayi anwar mendapat petunjuk untuk belajar kitab Alfiyah di makam KH. Kholil. Petunjuk gaib itupun dilaksanakan, selama sebulan penuh kiyai Anwar ziarah di makam mbah kholil bangkalan dan beliau belajar kitab Alfiyah disana. Yang akhirnya kiyai Anwar bisa menghafal kitab Alfiyah. 

KH. KHOLIL mendapat karomah dari Allah swt. Beliau dapat memerintah lebah gaib peliharaannya. pernah suatu ketika pada zaman penjajahan di surabaya. Beliau dan ulama-ulama besar lainnya menyerang para penjajah yang bermodalkan alat-alat modern. sedangkan KH holil dan Ulama-ulama besar lainnya hanya bermodalkan sebiji jagung yang dilemparkan menimbulkan ledakan yang sangat besar. kemudian Kh. Kholil memerintahkan para Lebah Gaibnya untuk mengacaukan konsentrasi para penjajah, sehingga para pejuang indonesia dapat melumpuhkan para penjajah.

Tak hanya itu karomah dari KH. Kholil, BEliau juga dapat membelah diri. Beliau dapat berada di berbeda tempat pada waktu yang bersamaan. Mbah kholil melakukan sesuatu yang tak terpantau mata. Tiba-tiba  saja baju yang dikenakannya menjadi basa, dan beberapa hari kemudian terungkaplah kejadian aneh itu dengan datangnya seorang nelayan yang hampir tenggelam di laut dikarenakan perahu yang ditumpanginya pecah yang ditolong oleh KH. Kholil. berterima kasih kepada KH. Kholil.

Demikianlah beberapa karomah dari KH.  SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN MADURA

0 komentar:

Posting Komentar