Senin, 01 Desember 2014

Pesona Siwil

       Seperti judul diatas ini, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi sebuah makanan yang bisa dibilang sangat mempesona. coba kalian tebak makanan seperti apa yang akan saya ceritakan . . . ? ayo tebak. .  nyerah? yaudah deh akan saya beri tahu , nama makanannya itu adalah Siwil. Whaaaaaat ? makanan apakah itu, apa anda semua ada yang tahu apa itu siwil? . . . . pasti gak tau iya kan . . . . .iya kan pasti belum ada yang tahu.

      Baik-baik deh. . . . kalau gak ada yang tahu akan saya beri tahu deh, apa sih yang gak buat kalian. Siwil adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan ikan. Ikannya itu bisa ikan apa saja seperti ikan bandeng, ikan tenggiri, ikan patil, udang, kepiting, dan lain-lain yang pokoknya bisa dikonsumsi. Campuran adonan tepung dan ikan itu di bungkus dengan menggunakan daun pisang, kenapa menggunakan daun pisang? kok gak menggunakan daun yang lain. karena kalau pakai daun telinga jadinya kuping bukan Siwil, lagipula siapa yang mau makan kalau dibungkusnya pakai daun telinga kan jijik.

      apalagi telinganya itu ada kurma nya (kotoran kuping yang biasa nempel di daun telinga). idiiiiiiwwwh kenapa malah bahas itu sih, ok kita lanjut lagi, setelah dibungkus dengan daun telinga, eh daun pisang kemudian dikukus deh dan tunggu beberapa menit maka Siwil siap disajikan, alaaah Siwil ini terdiri dari 2 versi yaitu versi kukus dan versi goreng, nah yang versi goreng ini adalah kesukaan saya, biasanya Siwil ini ditemani dengan caos yang ekstra pedas.

     Saya mengenal Siwil ini karena saya pernah di kasih sama teman saya, waktu itu ketika saya dan teman-teman sekolah datang berkunjung ke rumah salah satu teman kelas saya. Dia memberi kami siwil, awalnya saya kira siwil itu sejenis ikan, namun ternyata siwil itu adalah ikan cincang yang dicampur dengan adonan tepung, disana saya dan teman-teman kelas di sekolah langsung diberi dua macam yaitu yang dikukus dan digoreng.

    Akibat kejadian itu saya sering memesan (membeli) siwil kepada teman saya itu. saya biasanya membeli yang di goreng, karena yang digoreng ini lebih enak, garing namun lembut dalamnya, saya biasa membeli Rp.5000 (Lima ribu rupiah) dan mendapat lima tusuk siwil. Namun bukan saya saja yang sering memesan, teman saya yang lain juga banyak yang memesan Siwil pokoknya siwil adalah makanan yang mempesona.

0 komentar:

Posting Komentar