Rabu, 26 November 2014

Martajasah

http://static.panoramio.com/photos/large/76010645.jpg 

     Martajasah adalah desa yang terletak di kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur Indonesia. Martajasah merupakan tempat Pesarean Syaichona KH Moh. Cholil bin Abdul Latif atau terkenal dengan sebutan Syaichona Cholil. Syaichona Cholil adalah kiyai besar dari kota Bangkalan yang sangat dihormati Beliau merupakan salah satu makhluk Allah yang memiliki kelebihan tersendiri, Meskipun tidak termasuk dalam walisongo, namun pola pikir dan perbuatannya bisa dikatakan sama dengan Wali.

     Meskipun Syaichona Cholil sudah wafat namun makamnya tidak pernah sepi oleh orang yang datang untuk Mendoakannya. Dan kuburannya selalu ramai oleh orang yang Berziarah, tidak hanya orang bangkalan saja yang datang untuk berziarah, namun orang-orang yang berasal dari luar pulau Madura juga sangat banyak sekali yang berziarah di Martajasah ini. selain Martajasah yang merupakan tempat Pesarean Syaichona Cholil yang Notabene adalah Ulama besar, banyaknya orang yang berkunjung adalah karena bangunan yang besar yaitu Masjid indah nan megah yang berdiri di Martajasah sana.

     Awalnya Martajasah tak sebesar seperti sekarang, dahulu tempat ini kecil dan sangat sederhana, Namun karena berkembangya zaman dan banyaknya orang yang Berziarah maka diadakanlah renovasi untuk memperbesar dan memperindah Martajasah. Setiap hari-hari besar disana diadakan Do'a dan ceramah Agama. Apalagi pada malam jum'at banyak sekali Santri-santri dari pondok-pondok yang datang untuk berziarah.

     Setiap hari-hari besar dalam islam disana tidak segan-segan untuk merayakannya, bahkan Habib Syekh Assegaf juga didatangkan untuk memipin Do'a dan shalawat bersama. Sehingga membuat orang-orang yang datang ke sana tidak merasa jenuh. Selain untuk tempat ziarah Dan berdo'a , Di sana ditempatkan lapangan untuk Shalat Eid Puasa Ramadan maupun Kurban. Namun tidak untuk shalat jum'at karena telah disediakan masjid di dekat Martajasah.

      Di sepanjang jalan Martajasah terdapat banyak sekali pedagang-pedagang yang menjual Karya-karya seni khas madura. barang itu seperti, Batik Madura, Pecot, Pisau, Baju khas madura dan lain sebagainya, yang bisa kita ibeli dan buat oleh-oleh kerabat dan saudara. itu semua hanya terdapat di Martajasah. Pokoknya Martajasah adalah tempat yang direkomendasikan untuk anda yang suka ber
Wisata Religi InsyaAllah tidak akan rugi.

0 komentar:

Posting Komentar