Jumat, 26 September 2014

Praktikum Kimia

Assalamu'alaikum wr. Wb. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi tentang praktikum kimia, selamat membaca :-)

Pada suatu ketika di saat pelajaran kimia. Ibu guru memberitahukan bahwa kami akan diajak untuk praktikum di lab (horeee!:-D). Tapi sebelum itu kami diberi materi terlebih dahulu tentang apa yang akan kami praktikkan dan ibu membentuk kami menjadi beberapa kelompok. Jadi kami memulai praktik nya pada pertemuan selanjutnya (yaaaaaaa:-( ).

Setelah ibu guru memberi materi, ibu memberi apa saja yang harus kami bawa pada saat praktikum nanti. Salah duanya kami harus membawa gelas styrofoam (gelas pop mie) sebanyak 6 gelas dan tissue. Dan akhirnya pelajaran kimia selesai dan ibu meninggalkan kelas kami. Setelah itu kelompok saya membagi peralatan yang harus dibawa, saya kebagian membawa 1 gelas styrofoam dan tissue.

Pada saat pulang sekolah saya dan teman yang dari kelompok lain mencari gelas styrofoam di area sekitar sekolah. Dan kami bertemu anak-anak yang membeli pop mie dan memesan jangan membuang gelasnya dan mereka pun mengiyakan, kami pun pulang ke rumah masing-masing.

Beberapa hari kemudian waktu yang ditunggu-tunggu untuk praktikum datang juga kami semua masuk ke lab ipa sesuai dengan kelompok masing-masing yang telah dibagi oleh ibu. Tapi ternyata alat untuk menaruh tempat itu sudah ada di lab, jadi gelas styrofoam yang kami bawa itu tidak dipakai sama sekali. Sebelum kami memulai, ibu terlebih dahulu memberi penjelasan bagaimana cara untuk menggunakan alat-alat praktik.

Akhirnya kami memulai praktik kimia bab tentang termiokimia. Pada awalnya kondisi aman aman saja tapi satu beberapa saat setelahnya ada dari kelompok lain yang sedang mengukur perubahan suhu pada zat NaOH3 tiba-tiba mengeluarkan uap panas dan membuat suasana lab menjadi heboh . Ini akibat dari terlalu banyaknya zat NaOH3 yang dicampurkan (aduh-aduh :'( ada-ada saja). Tapi alhamdulillah kelompok saya aman aman saja (horeee :-D). Dan akhirnya praktikum selesai kami mengumpulkan laporan hasil pengamatan.

0 komentar:

Posting Komentar