Sabtu, 06 September 2014

Pesarean Aer Mata Ebu




Assalamu’alaikum. Alhamdulillah kali ini saya masih bisa bercerita sedikit tentang suatu tempat yang bisa dikatakan sebagai tempat rekreasi di Pulau Madura. Selain Pesarean Syaichona Cholil, tempat pariwisata religi yang ramai dikunjungi dan dinilai keramat, adalah pesarean Aer Mata Ebuh di Desa Buduran, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan. Pesarean penuh sejarah, ini diyakini memiliki kekeramatan oleh masyarakat Madura. hal itu, menjadi magnet bagi wisatawan dari luar Madura. peziarah luar Madura yang berziarah ke Makam Syaichona Cholil, .

Bisa dipastikan, juga berziarah ke Pesarean Aer Mata Ebuh. Pesarean ini, menjadi pemakaman paling luas di Jawa Timur. Pesarean Aer Mata Ebuh merupakan tempat persemayaman keluarga yang sudah tujuh turunan, banyak dikenal masyarakat, serta penuh dengan sejarah dan kekeramatan. Juru kunci Pesarean Aer Mata Ebuh Moh. Jamal menceritakan, pesarean itu diberi nama Aer Mata ebuh, karena memang menjadi tempat pertapaan Kanjeng Ratoh ebuh Syarifah Ambami pada masa dulu.

Sumber mata air yang dipercaya sebagai air barokah, juga tidak lepas dari sejarah Ratu Syarifah Ambami. Menurut cerita Jamal, dulu Syarifah bertapa untuk keselamatan suaminya Raden Praseno, yang sedang berperang di Mataram. Dalam pertapaan itu, Syarifah menangis lalu bertemu Nabi Hidir. Dalam doanya, dia meminta kepada Allah, tujuh turunan mengusai Pulau Jawa. Karena tangisan itu, kampung di sini diberi nama Kampung Aer Mata . Kemudian, setelah datang dari Mataram, Raden Praseno bertanya kepada Syarifah Ambami, yang diperoleh selama bertapa. Syarifah menceritakan yang dialami selama bertapa.

Ternyata, cerita itu membuat Raden Praseno marah besar lalu kembali ke Mataram. Melihat kejadian itu, Syarifah Ambami bertapa lagi sambil menangis tiada henti, hingga air matanya tumpah di tempat bertapanya. Tempat bertapanya itu yang menjadi sumber mata air sampai sekarang. Bahkan, menurutnya sejak Gusdur jadi presiden, dan Jembatan Suramadu beroperasi, peziarah yang datang bukan hanya dari Madura saja, tetapi juga berasal luar negeri (Belanda).

Pokoknya tempat ini patut di rekomendasikan bagi Anda yang senang berekreasi atau berwisata religi. Karena keunikan yang berada di Aer Mata ini. Dan juga sebaiknya bagi yang mau berkunjung ke Aer Mata ini untuk membawa keluarga besar Anda. Demikian postingan saya kali ini semoga dapat diambil manfaatnya oleh para pembaca sekalian. Mohon maaf atas kekeliruan dalam postingan saya kali ini. Wassalamu’alaikum.

0 komentar:

Posting Komentar